"...permainan ini terlalu menyenangkan"
Kalau yang udah pernah baca judul serupa sebelumnya, judul yang ini
emang sambungannya. Mungkin dari isinya agak berbeda, tapi masih
membahas kejadian-kejadian di JKT48 Theater dan sekitarnya. Selalu ada
sesuatu yang menarik untuk diangkat dari tempat ini dan kelakuan para
penghuninya.
Agak gatal rasanya baca isue yang berkembang pesat di b-log pusat. Ya,
beberapa hari lalu nama “Golden Boy” kembali muncul di permukaan.
Sebelumnya – entah kapan, nama ini cukup eksis, dan kemudian menghilang.
Sebenarnya apa, sih yang bikin doi jadi pusat perhatian?
***
Okay, kemarinan lagi populer istilah “Mafia Theater”. Apaan, sih itu?
Kalau saya, sih ngartiin secara singkat, yaitu orang yang suka seenaknya
sendiri di Theater. Seenaknya ngapain? Ya ngapain aja, mulai dari
urusan tiket, kursi, beli photo pack (PP), merchandise. Yang model
begini ini pantesnya diseret rame-rame keluar Fx.
Saksi mata udah banyak. Banget malahan. Dan saya sendiri juga pernah
liat dengan mata-kepala sendiri kelakuan si Golden Boy ini. Cuma saya
nggak puas kalau cuma denger dari para fans – yang kebetulan para korban
juga. Mulailah saya mengumpulkan data dan fakta. Dari siapa? Siapa lagi
kalau bukan dari orang yang terkait.
Kemarin diniatin pulang malem, bukan untuk Demachi, tapi untuk bisa
“ngobrol” sama si bapak yang di cerita saya sebelumnya. Pertanyaan
pertama melipir-melipir dulu cari celah. Ternyata kali ini nggak perlu
lama-lama soalnya si bapaknya udah faham. Lalu munculah percakapan itu.
“Maksud Mas Yudi yang kalau pake topi ke atas itu, kan? Saya juga nggak
suka sama dia. Gayanya sok banget!”. Saya cuma nyengir sambil
ngangguk-ngangguk aja. Biar makin panas, saya sengaja mancing dengan
bilang, “Saya kalau ketemu dia sendirian di luar area Fx, udah saya
hajar itu, Pak!”.
Saya cerita soal kecurangan yang sering dia lakuin, terutama urusan
tiket dan kursi. Kalau untuk urusan tiket, si bapak ini nggak begitu tau
ternyata. “Kalau untuk urusan tiket terus terang saya nggak gitu tau,
Mas. Cuma yang saya tau, dia selalu beli yang hijau, pake kartu
pelajar.”. Kontan pernyataan itu menimbulkan pertanyaan untuk saya.
Kartu pelajar tahun berapa yang dipakai?
“Waktu itu saya sempat liat, sih tahun 94, Mas. Cuma sama orang
ticketing-nya dibiarin, yaudah.”. Mehh… Tahun 94. Berarti umur dia
sekarang sekitar 18 – 19 tahun. Lagipula bukannya yang berlaku itu kartu
pelajar yang tahun 95 ke atas? Kecurangan pertama terbukti sudah. Si
Bapak pun komentar lagi, “Saya sebetulnya juga heran, Mas. Tapi karena
didiemin, ya saya juga nggak bisa apa-apa.”.
***
Selain si Golden Boy ini, ternyata masih ada 1 – 2 orang yang entah
dengan sengaja atau gimana, melakukan pelanggaran. Saya dan beberapa
teman saya menjuluki dia si orang Jepun. Dia ini rajin banget dan
kayaknya nggak pernah absen Theater, seenggaknya untuk yang show RKJ.
Berhubung dia (kayaknya) WNA, jadi dia bisa tiga kali apply tiket, OFC
FAR, OFC, dan General. Bukan ini yang jadi masalah, tapi soal tagging
kursi. Semua terjadi ketika orang ini ikut di antrian WL. Seinget saya
waktu itu hari Minggu, pas ada sign event OFC. Logikanya, WL itu masuk
paling akhir, dan pastinya dapet tempat paling belakang. Tapi orang ini
bisa duduk di row tiga, tempat khusus pemegang tiket FAR.
Beberapa temen saya cerita, terutama yang posisinya nggak jauh dari
orang Jepun ini pas kejadian berlangsung. Saya coba cross-check sama si
Bapak, dan ceritanya emang cocok. Jadi orang Jepun ini udah “titip”
kursi sama temennya, di mana temennya beli dua tiket; satu untuk dia,
satu lagi untuk anaknya. Nah, begitu orang Jepun ini masuk, anaknya
dipangku, dan kursinya dikasih ke si orang Jepun. Pihak security juga
nggak bisa menindak, soalnya si anak punya tiket. Punya tiket = dapet
jatah kursi.
“Kalau udah di dalem gitu suka diperiksain lagi nggak sih, Pak? Terutama
yang suka pindah-pindah dari biru ke hijau atau sebaliknya. Terus yang
ngedudukin bangku FAR juga.”. Sambil nunggu si Bapak jawab, tiba-tiba
saya kefikiran; di dalem, kan gelap. Mau diperiksa juga kayaknya nggak
keliatan warna tiketnya. “Sebetulnya kalau ada yang protes kita pasti
tindak, Mas. Cuma kalau untuk kemarin, ya itu tadi. Kita nggak bisa
apa-apa karena si anaknya ada tiket juga.”.
“Padahal sebetulnya kalau mau dapet Bingo pertama gampang aja caranya,
Mas. Sampeyan minta sama mbak ticketing-nya jangan ditulis nomer. Terus
sampeyan bawa spidol merah, nanti pas dipanggil yang pertama berapa,
buru-buru sampeyan tulis. Tapi kalau dikasih sama mbak ticketing-nya,
lho.”, kata si Bapak sambil ngerokok.
***
“Untuk urusan ticket terus terang saya nggak berani, Mas. Soalnya salah
satu temen kita udah ada yang dipecat gara-gara soal ini. Kejadiannya
baru aja, Sabtu kemarin kalau nggak salah.”.Saya kontan langsung tanya
siapa yang dipecat dan kenapa. Si Bapak jawab, “Si S, Mas. Padahal dia
masih baru di sini. Dan sebetulnya bukan salah dia juga, sih. Kasian
saya sebetulnya.”.
Abis panjang lebar si Bapak cerita, saya sepakat kalau emang bukan si
Mas S yang salah. Dia Cuma jadi korban nasib sial yang kebetulan lewat
aja. Oia, saya sendiri juga cukup deket sama si Mas S ini. Dia cukup
asik dan baik. Saya nggak mungkin lupa jasa dia yang udah mempertemukan
saya dan teman saya sama Oshi.
"Kalo bagian ticketing yang dulu emang ada, Mas. Parah banget itu. Orang
mau masuk main disuruh masuk aja. Dia bantuin tapi untuk dirinya
sendiri, maksudnya masuk kantong sendiri.". Denger si Bapak bilang gitu,
saya nggak bisa bayangin berapa besar kerugian JOT karena orang ini.
"Gila ya, Pak. Saya faham, sih segimana pengennya mereka nonton. Cuma
apa harus kayak gitu? Kadang suka kasian dan heran aja.".
Waktu udah sekitar jam 12, saya dan si Bapak masih anteng duduk di depan
Theater. Suasana yang beda banget kalo dibandingin saat antrian verif
dan Bingo berlangsung. Saya nyeletuk lagi, "Terus urusan tiket gitu apa
pihak JOT juga tau? Mereka ada ngelakuin tindakan apa gitu, nggak?". Si
Bapak jawab, "Oh, Mas Yudi coba aja lapor sama Mbak P atau Mas F. Nanti
pasti bakal diproses sama mereka. Soalnya setiap kali ada keluhan gitu,
pasti bakal dibahas di rapat.".
"Mbak P sendiri juga bilang kalo dia punya mata-mata dari fans. Jadi dia
sebetulnya cukup update sama keadaan di sini.", lanjut si Bapak. Cukup
jitu, menempatkan mata-mata – yang mungkin juga Wota, di antara Wota
lainnya. Dan soal dibahas di rapat, saya kurang faham rapat seperti apa,
siapa yang menghadiri dan dilakukan di mana. Dan kenapa saya nggak
menemukan kotak saran di area Theater?
Tiba-tiba si Bapak lanjut ngomong lagi. Yang ternyata isinya menjawab
rasa penasaran soal aktivitas ilegal di depan mata saya beberapa minggu
lalu. “Kalau photo pack saya bisa, Mas. Tapi, ya jujur aja, saya minta
bagian untuk jasa juga. Banyak yang titip, Mas. Katakan beli lima pack,
minta Melody sekian, Nabilah sekian. Pokoknya tinggal dicatet aja.”.
Saya bengong, jujur aja pengen juga kayak gitu, hahahaha… Seolah tahu
isi fikiran saya, si Bapak nerusin lagi, “Nanti saya tinggal bilang sama
anak merchandise mau milih foto. Yaudah, sama mereka disuruh ambil
sendiri.”. Sayangnya si Bapak nggak nyebutin berapa "tarif" yang harus
dibayar untuk memakai jasanya. Saya mau tanya juga nggak enak,
hahahaha...
***
Saya pribadi males komentar, ya kalo untuk urusan PP. Soalnya menurut
saya itu nggak terlalu ngaruh. Mau dapet PP-nya siapa, tinggal ikutan
trading aja. Modal dengkul sama SKSD doang, kok. Asal sabar pasti bisa
dapet PP yang dicari. Kadang emang nggak bisa sehari langsung dapet,
sih. Saya aja butuh waktu dua kali nge-trade sampe dapet formasi PP yang
bener-bener sreg.
Cuma kalo untuk urusan tiket dan kursi, rasanya emang cukup krusial dan
pantas diperdebatkan. Apalagi ada yang bilang kalo beberapa orang sering
"ngekor" sama orang tua member untuk bisa masuk Theater gratis. Ah,
gimana saya harus berkomentar di kasus yang ini? Apa emang hal itu udah
lumrah, mengingat status mereka sebagai orang tua member?
"Iya, Mas. Beberapa emang ada yang begitu. Tapi sekali lagi saya kurang
tau untuk urusan ticketing. Biasanya yang ngurus ticket untuk orang tua
member itu Mas F. Dan memang betul ada jatahnya.", ujar si Bapak. "Tapi
saya sering denger dan liat, ada salah satu orang tua member yang suka
ngajak orang lain masuk. Saya nggak tau, sih itu siapa.", saya mencoba
memancing. "Waktu itu saya sempat denger, dia ngomong kalo itu
sodaranya. Tapi saya juga nggak tau, mas.".
Jadi enak, ya kalo deket sama orang tua member. Bisa nebeng bareng masuk
Theater, nggak bayar. Tinggal bilang kalo mereka sodara atau kolega,
beres semuanya. Nggak heran kalo beberapa waktu lalu menyeruak banyak
kasus zombie yang nggak minta diwaro sama member, tapi sama orang
tuanya.
Lain tiket Theater, lain lagi tiket untuk event OFC. Untuk yang satu ini
temennya temen saya yang kena sialnya. Niat mau beli beberapa tiket,
tapi dibilang sama orang merchandise udah abis. Giliran si Golden Boy
yang dateng, pesen lima tiket, dikasih. Yah, katanya, sih doi ngasih
harga lebih. Tapi terus terang itu nyebelin. Apalagi kejadiannya
terang-terangan di depan mata.
***
Selalu dan selalu ada istilah orang dalam. Tentunya kekonyolan dalam
cerita di atas hanya sebagian kecil dari semua yang terjadi. Satu hal
yang pasti, banyak orang yang membutuhkan jasa mereka, tapi lebih banyak
orang yang membenci. Dan setiap semua show berakhir, mereka mulai
membuka jubah dan topengnya. Berjalan menuju lift dengan terburu dan
menghilang dari area Theater. Kapan semuanya terkuak? Mungkin nanti –
suatu saat, yang tak akan pernah kita tahu.
Hampir jam satu malam, dan saat saya mau pamit tiba-tiba dua orang
wardrobe keluar dari dalam Theater. Rupanya mereka yang ditunggu si
Bapak. Pas lagi absen mereka sempat bercanda, "Lho, belum pulang, Pak?
Awas, lho nanti digangguin, hahahaha...". Kata-kata terakhir mereka
menarik perhatian saya. Dan hasrat untuk memancing pun keluar,
"Digangguin kayak kejadian beberapa hari lalu, Mbak?". Mereka ngeliat
saya dengan tatapan bingung. "Iya, Mas. Masnya tau? Bisa liat, ya?".
Saya cuma senyum.
sumber : http://www.janganbacaya.blogspot.com/
0 on: "Theater dan Bunga Misteri (Part 2)"